Pembuatan Nata De Coco


Nata merupakan jenis makanan yang berasal dari negara Philipina. Nata berbentuk padat, kokoh, kuat, putih, transparan dan kenyal seperti kolang kaling, sebenarnya nata tidak memiliki rasa, karena dicampur atau diolah menjadi minuman dengan tambahan bahan perasa maka produk yang dihasilkan mempunyai rasa yang enak dan manis. Umumnya masyarakat menggunakan nata sebagai bahan campuran minuman koktail, sebagai pencampur es krim, pudding dan jelly.

Kandungan terbesar nata 90% air, sehingga nata dapat digunakan sebagai sumber makanan rendah energi, maka sangat baik untuk diet. Selain itu nata mengandung serat yang sangat dibutuhkan oleh tubuh yaitu untuk memperlancar proses pencernaan dalam tubuh.
Meskipun bahan baku pembuatan nata tergolong sebagai limbah tetapi produknya sangat disukai konsumen. Penggunaan dari limbah dapat diperoleh dalam jumlah yang besar dan harga relatif murah.

Proses Pembuatan:
1. Bahan:
Starter 80 mL, Gula 100 g, Air kelapa 1 Ltr (4 gelas), Cuka 25% 20 mL (3-4 sdm).
2. Alat:
Bak, saringan, panci, kompor, sendok, pisau, tissue, spray (alcohol 70%), isolasi, koran/ kertas, takaran, timbangan, talenan, api bunsen.

Cara pembuatan nata de coco:
1. Buat larutan 1 liter dari air kelapa, kemudian diendapkan selama beberapa menit, saring larutan air kelapa. Panaskan sampai mendidih , tambahkan 100 g gula, cuka 25% 20 mL(3-4 sdm), aduk sampai larut.
2. Tuang campuran tersebut ke bak fermentasi dengan ketinggian ±4 cm. Tutup dengan Koran dan diberi isolasi, tunggu sampai dingin
3. Tambahkan starter sebanyak 80 mL kedalam campuran tersebut, usahakan dalam kondisi steril
4. Letakkan bak diruang fermentasi yang datar selama 12-15 hari, jangan goncang sampai terbentuk lapisan nata setebal (2-3).

Setelah 10-14 hari akan terbentuk lapisan nata yang mempunyai tebal 1-1,5 cm. Jika lembaran nata tersebut terlihat bersih dan tidak ada kontaminan (tumbuh jamur, terlihat bercak-bercak di permukaan), maka nata dapat dipanen.

Cara panen nata de coco (panen I):
1. Periksa lembaran nata de coco. Jika di temukan jamur, bercak hitam, dan lubang-lubang harus dipisahkan.
2. Lembaran nata de coco di pindahkan, lalu dibalik. Kerok lapisan (kulit ari) secara perlahan menggunakan sendok, lalu cuci.
3. Potong lembaran nata de coco sesuai ukuran (1 x 1cm atau 1,5 x 1,5 cm).sampai pH netral (bau asam hilang).
4. Rendam lembaran nata selama sehari (24 jam) sampai pH netral (bau asam hilang).
5. Kemudian dimasak dalam air mendidih selama 15 menit, buang air rebusan ganti dengan air yang baru, kemudian rebus kembali selama 15 menit.
6. Setelah dingin, lembaran nata dipotong kecil-kecil
7. Nata dapat dihidangkan dengan air sirup

Aktivitas mahasiswa KKN dalam melakukan pelatihan kepada masyarakat

tentang cara pembuatan nata de coco

Comments :

0 komentar to “Pembuatan Nata De Coco”