Sekapur Sirih



Assalamu'alaikum wr.wb.

Media blog ini dibuat sebagai salah satu hasil dari KKN PPM yang dilakukan mahasiswa Fakultas Pertanian Universitas Tanjungpura selama 2 bulan (Juli-Agustus 2008) di Kecamatan Teluk Pakedai Kabupaten Kubu Raya Kalbar. KKN PPM merupakan salah satu bentuk KKN “baru” yang mulai tahun 2008 dikenalkan ke seluruh perguruan tinggi di Indonesia dengan pendamping tim dari UGM Yogyakarta.
Monitoring dari tim UGM

Universitas Tanjungpura merupakan salah satu perguruan tinggi yang terpilih pada pelaksanaan KKN PPM tahun 2008 dengan topik “Pemberdayaan Masyarakat dengan Membuat Jaringan Pengolahan Kelapa Terpadu”, lokasi Teluk Pakedai dipilih karena merupakan sentra perkebunan kelapa rakyat yang selama ini hanya diolah menjadi kopra, belum ada introduksi teknologi pengolahan kelapa menjadi produk alternatif.

Program KKN dilaksanakan 30 orang mahasiswa Fakultas Pertanian UNTAN dari 3 jurusan (Budidaya, Agribisnis, dan Ilmu Tanah) dengan didampingi seorang Dosen Pembimbing Lapangan (DPL), yaitu Dr.Ir. Iman Suswanto, MP.
Ada 5 bidang yang menjadi fokus KKN, yaitu:
1. Pembuatan VCO
2. Pembuatan minyak kelapa
3. Pembuatan nata de coco
4. Pembuatan asap cair
5. Pembuatan arang briket
Tim LPM UNTAN (Pak Darwis & Pak sarjono) dan DPL (Pak Iman) menuju lokasi KKN

Setelah pelaksanaan KKN, masyarakat sangat antusias dengan hasil yang diperoleh. Masyarakat sudah mulai terbuka wawasannya untuk memanfaatkan kelapa secara lebih optimal. Memang program awal ini lebih ditujukan pada usaha produksi masyarakat belum sampai pada pemasaran produknya. Pemasaran produk hasil masyarakat merupakan tujuan kami selanjutnya, karena dengan langkah itulah masyarakat dapat menikmati hasil pelatihan KKN dengan sebenar-benarnya.

Untuk itulah di dalam blog ini kami sekaligus mempromosikan hasil yang sudah kami dapatkan selama program KKN tersebut, dengan harapan ada respon yang cukup baik sehingga kami dapat melanjutkan produksi yang telah berjalan dengan pemasaran produk. Masyarakatlah yang akan menikmati keberhasilan program ini.
Crew KKN PPM yang telah bekerja keras melaksanakan programnya

Kami mohon dukungannya. Semoga program yang telah dijalankan dapat memberikan pencerahan pada masyarakat untuk memanfaatkan potensi sumber daya desa dengan lebih baik demi kesejahteraan masyarakat.

Wassalamu’alaikum wr.wb.


Penanggung jawab kegiatan,



Maherawati, S.TP, MP.
Dosen Fakultas Pertanian UNTAN
Contact person 08125627873





Comments :

1
Unknown mengatakan...
on 

Assalamu'alaykum. wr.wb

Perkenalkan, saya Zaenal Arifin Mahasiswa teknik Sipil UI.
Bulan Depan kami mahasiswa UI akan melakukan KKN di pulau miangas dan salah satu project yang akan kami kerjakan disana sangat mirip dengan progaram yang dikerjakan oleh tim KKN dari Universitas Tanjung pura.

saya sangat berharap dapat berbagi in formasi terkait progaram yang telah tim ini laksanakan.

terimakasih banyak atas perhatiannya.


Zaenal Arifin
o8998179924
arifincivil05@gmail.com